Hari Memanjakan Pelanggan, Hari Pelanggan Nasional 2022

Selayang Pandang Hari Pelanggan Nasional



Sebelum membahas lebih jauh tentang Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas), sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana sejarah ditetapkannya Hari Pelangan Nasional terlebih dahulu.


Awal Gagasan

Berangkat dari ide menarik yang disampaikan oleh seorang pengusaha asal Solo bernama Handi Irawan kepada pemerintahan Megawati Soekarno Putri pada tahun 2003. Bertepatan dengan momentum penerapan UU Nomor 8 Tahun 1999 di masyarakat kemudian Ide tersebut diterima dan disetujui.


Menjadi Hari “Memanjakan” Pelanggan

Sebelum ide Harpelnas digagas, banyak perusahaan yang tidak terlalu memperdulikan nasib para pelanggan mereka. Hanya keuntungan semata yang selalu digaungkan para pengusaha tanpa memikirkan bagaimana pentingnya peranan konsumen atau pelanggan dalam bisnis mereka. Namun, setelah Harpelnas diresmikan tanggal 4 September 2003 banyak perusahaan mulai peduli terhadap pelanggan mereka. Bahkan di awal peresmian, banyak CEO yang turun ke lapangan karena antusias dengan event ini. Hadir 200 direktur utama dari berbagai perusahaan dan sekitar 500 perusahaan ikut merayakan Harpelnas pertama kalinya.

Menilik tujuan Harpelnas

Tidak ada hal lain, Harpelnas diresmikan bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan semangat para perusahaan dalam melayani serta memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sehingga dengan harpelnas ini timbul harapan yang tinggi untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia dan dari sisi pelanggan, pelanggan dipuaskan dengan pelayanan terbaik dan juga produk produk yang memiliki mutu dan kualita yang tinggi


Logo Khusus


Selain diresmikan hari perayaannya, Harpelnas juga memiliki logo khusus yang berbentuk manusia yang sedang tersenyum yang mewakili senyum para pelanggan. Warna hijau yang ada pada logo tersebut melmbangkan keramahan, sikap bersahabat antara perusahaan dan pelanggan. Selain itu, juga mengandung filosofi kesejukan dan kesuburan ekonomi di Indonesia. Dibuat oleh The Best Ad Desainer Indonesia memiliki tipologi khusus dari huruf yang digunakan, Huruf kecil merupakan lambang sikap rendah hati dan keinginan untuk terus maju


Dibanjiri oleh event diskon dan promosi


Dalam event Harpelnas ini para pengusaha berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan mereka seperti diskon dan promosi. Diskon dan promosi ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi negara. Hal ini dapat dilihat dari semakin seringnya perputaran uang yang akan terjadi.


Hari Pelanggan Nasional 2022

Di tahun ini hari pelanggan nasional mengambil tema “Senyum Pelanggan Senyumku Juga” yang memiliki arti mendalam bahwa pelanggan adalah raja yang harus selalu terpuaskan dengan berbagai pelayanan dan produk-produk yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan menjadi kunci utama dari keberhasilan perusahaan.



Hari Memanjakan Pelanggan, Hari Pelanggan Nasional 2022
Satria Wisnu Aji 22 September, 2022
Share this post
Tags
Archive
Sign in to leave a comment
Indonesia Digital MeetUp 2022, Surganya para UMKM